Subscribe Us

header ads

Ujang Rizwansyah: Kader GPII Harus Hijrah untuk Berjihad



Gerakan Pemuda Islam Indonesia, sebuah organisasi perjuangan pemuda Islam yang lahir dari semangat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Sejarah panjang tersebut tentunya banyak memberi kita pengalaman, dialektika ke-Islaman dalam kebangsaan. Sebuah nilai yang secara niscaya akan terus berkembang dan bertumbuh.
Sejalan dengan perkembangan dan perubahan dinamika sosial politik utamanya dalam konteks Indonesia sebagai sebuah negara dan bangsa.
Sebagai bagian dari kader bangsa, maka Gerakan Pemuda Islam Indonesia juga harus mampu menangkap, mencermati, menganalisa secara obyektif kondisi umat dan kondisi bangsa sebagai satu kesatuan yang utuh.
Dan yang terpenting juga harus cerdas, cermat dan tepat dalam mengambil posisi dan peran dalam kemajuan bangsa yang majemuk ini.
Maka dalam mencermati perubahan pendulum politik Indonesia yang demokratis dan terbuka, kita sebagai kader Gerakan Pemuda Islam Indonesia juga harus segera berhijrah dalam jihad perjuangannya. Karena tantangan yang kita hadapi sebagai bangsa dan umat juga terus berubah dan berkembang.
Hijrah yang dimaksud adalah perubahan pola pikir yang signifikan agar mampu meletakan dan mendasarkan paradigma dan skema perjuangan Gerakan Permuda Islam Indonesia yang tetap berpegang teguh pada ke-Islaman dan ke-Imanan utuh dengan penguasaan ilmu pengetahuan yang cukup agar mampu berperan bagi kemajuan umat dan bangsa secara signifikan dan massif. Karena tantangan keumatan dan kebangsaan juga semakin dinamis.
Dengan paradigma dan skema yang tepat, maka jihad kita dalam memperjuangkan umat dan bangsa juga akan dapat berjalan dengan tepat dan positif.
Hal tersebut didasarkan fakta bahwa persoalan yang paling mendasar yang melanda umat dan bangsa Indonesia adalah masalah keadilan sosial, keadilan ekonomi dan keadilan hukum.
Untuk mampu berperan dalam kehidupan sosial kebangsaan, kader-kader GPII harus menyadari dan menjadikan semangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sebagai landasan dalam berjihad.
Termasuk didalamnya semangat kebersamaan, gotong royong, dan kesetiakawanan agar mampu bekerja secara nyata untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia.
Agar mampu berkontribusi secara positif dalam menegakkan syiar Islam yang damai dan menyejukkan, kader-kader Gerakan Pemuda Islam Indonesia juga harus menguasai ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas dan tepat tentang ke-Islaman dan ke-Indonesiaan.
Sebagai kader pejuang, demi Islam dan demi Indonesia, kader-kader GPII juga harus memiliki kemampuan dan kemandirian secara ekonomi.
Secara sederhana, agar GPII sebagai organisasi mampu berperan lebih dalam kehidupan sosial politik keumatan dan kebangsaan yang terus berkembang, maka kita harus berhijrah, yakni perubahan yang signifikan pada pola pikir kita sebagai generasi muda Islam dalam mencermati dan menyingkapi perkembangan dunia terus berubah.
Maka program dan fokus kerja Pengurus GPII dari Pusat hingga Daerah-daerah diarahkan agar kader-kadernya mampu memiliki penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, ke-Islaman yang didasari keimanan yang teguh menjadi syarat utama bagi kader-kader GPII dimasa kini dan mendatang.
Program dan fokus kerja Pengurus GPII juga harus bergerak dan memfasilitasi agar kader-kader GPII memiliki wawasan kebangsaan yang obyektif sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang majemuk, agar mampu menempatkan diri dan mengambil posisi dalam perjuangan bangsa Indonesia mencapai cita-citanya.
Hidup berdampingan dengan semua elemen dan komponen bangsa. Berjuang dan berpolitik secara elegan dengan tujuan untuk mancapai keadilan sosial, politik, ekonomi dan hukum.
GPII sebagai organisasi perjuangan pemuda Islam, juga harus memiliki program dan fokus, serta kerja-kerja nyata yang bertujuan mendidik, menfasilitasi agar kader-kadernya mampu memiliki kemandirian ekonomi.
Jika program dan fokus kerja pengurus GPII secara konsisten dan terus menerus secara sistematis dan terukur pada paradigma dan skema diatas, maka cita-cita dan slogan Takdir Kami Memimpin Negara akan dapat tercapai.

Penulis: Ujang Rizwansyah S.Sos I
Kandidat Ketua Umum GPII Periode 2017-2021

Posting Komentar

0 Komentar